jump to navigation

Petani Indramayu Kembangkan Buah Melon Ekspor Tujuan Singapura 10 October 2010

Posted by hortipart in agribisnis, ekspor, usaha buah.
Tags:
trackback

Indramayu (ANTARA News) – Sejumlah petani di pantura Kabupaten Indramayu, Jawa Barat mulai mengembangkan buah melon karena selain harganya stabil permintaan buah melon terus meningkat.

Kepala Seksi Produksi Holtikultura Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Indramayu Ir Anang, kepada wartawan di Indramayu, Sabtu, mengatakan, petani pantura terus mengembangkan buah melon untuk memenuhi permintaan ekspor buah tersebut ke Singapura.

“Permintaan buah melon ke Singapura dapat membantu meningkatkan kesejahteraan petani karena harga ekspor lebih tinggi dibandingkan dengan harga lokal, namun kualitasnya perlu diperhatikan oleh mereka,” katanya.

“Lahan pertanian di dataran pantura Kabupaten Indramayu sangat potensial untuk ditanami buah melon, selain harga buah tersebut stabil, perawatannya sederhana juga dapat menghemat air,” katanya.

Dia mengatakan, pengembangan buah melon mulai di daerah Indramayu bagian timur yaitu kecamatan Kertasmaya, Juntiyuat, Krangkeng, selanjutnya tersebar di seluruh kawasan pertanian pantura.

Dia menjelaskan, kendala di lapangan mengembangkan buah melon sulitnya merubah pola tanam petani dari tanaman pokok padi ke tanaman lain seperti buah melon, sayuran dataran rendah, semangka. kedelai hitam padahal secara ekonomis sangat menguntungkan mereka.

“Tanam padi petani butuh waktu empat bulan hingga bisa panen, selian itu perawatannya sulit karena memerlukan pasokan air yang cukup sedangkan tanaman holtikultura masa penanamanya lebih cepat dan menguntungkan petani,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Indramayu Ir Toto Kusmanto mengaku, sulitnya merubah pola tanam petani dari tanaman padi ke tanaman lain menjadi kendala dalam mengembangkan tanaman yang memiliki nilai ekonomi tinggi, padahal holtikultura dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

Dia menjelaskan, tanaman padi butuh waktu panen hingga kurang dari empat bulan, petani butuh modal cukup besar untuk merawat tanaman padi tersebut, selain pasokan air harus terpenuhi, sementara daerah pantura sering mengalami kekeringan jika musim penghujan berhenti.

“Kekeringan di pantura Indramayu merupakan penyebab gagal panen, jika petani mengubah pola tanam ke tanaman yang dapat menghemat air mereka terhindar dari kerugian,” katanya.

Anwar salah seorang petani di Indramayu mengaku, menanam padi sering gagal panen baik kekeringan, serangan hama tikus, hama wereng, namun petani pantura tidak kapok dan masih tinggi minat mereka menanam padi.

Dikatakannya, merubah pola tanam dari padi ke tanaman lain sulit karena pemikiran sebagian petani, padi lebih mudah menjual, selain itu tanam padi hanya memelihara saat padi berumur kurang dari satu bulan selanjutnya tinggal menunggu hasil panen tanpa perawatan khusus.

Sumber: Antara News, 9 Oktober 2010.

Comments»

1. andik - 22 January 2013

buat para pembaca yg budiman khususx para investor n suplayer buah semangka n melon.sy sdang mencari investor atau pendana untuk penanaman buah semangka n melon dgan sistim bg hsil.bla diantara pembaca da yg brminat bsa lngsung hub sy di no hp 081803590438,trims.

2. Muhammad Machin - 17 August 2011

Salam kembali mas….

Untuk cabe rencananya akan dilaksanakan oleh kelompoknya pak TO,

Kita sama temen temen di ushuluddin melalui lembaga koperasi ushuluddin saat ini baru mengembangkan Produk Olahan berupa Mie Sayur

Saat ini kita sudah berjalan hampir 2,5 tahun tetapi produksinya masih kerjasama dengan temen di Sidoarjo,

Rencananya akan kita kembangkan di Magelang agar bisa memanfaatkan petani sayur yang ada di Magelang.

Saat ini kita juga sudah ada kontrak pembelian dengan PT. KaKI (kampoeng kearifan Indonesia) di Jakarta dan sudah berja;lan kurang lebih 2 tahun, selain itu kita baru ada permintaan baru dari CV. Kafa Indo Makmur di Bintaro Jakarta untuk kebutuhan export ke Timur Tengah.

Kalau kita kerjasama dengan HPSP ( Mas Hariyadi) kira kira bagaimana…?

Bisakah kita mempresentasikanya ke HPSP atau saran Mas Hariyadi seperti apa…?

Kita berharap atas bantuan dan sarannya..

Sekian terima kasih

M. Machin

hortipart - 17 August 2011

Terimakasih tambahan info dan up date kegiatan usahanya.

Rencana kerjasama eksport ini untuk produk apa? Produk mie juga?

Untuk HPSP, saat ini kami fokus ke wilayah di luar Pulau Jawa. Jadi untuk program dukungan langsung dalam bentuk pendanaan pengembangan kegiatan bisnis petani, HPSP tentu tidak bisa membantu kemitraan di Jawa, tetapi bantuan tidak langsung dalam bentuk konsultasi, saran, fasilitasi masih memungkinkan.

Kira-kira yang akan dipresentasikan ke HPSP itu gagasan yang mana/seperti apa?

salam,

Hari

3. Muhammad Machin - 13 August 2011

Mas hariyadi, ini machin dari ushuluddin magelang kita mau kenal lebih jauh tenyang petani melon di indramayu agar biasa belajar melon juga karena di koperasi kami juga mengembangkan budidaya melon varietas sakata dan 08, siap tahu bisa kerjasama juga untuk export ke singapura

Terima kasih
Salam dari temen temen Magelang

Maachin

hortipart - 15 August 2011

Halo Machin, semoga sehat afiat kabar teman-teman di Ushuluddin Magelang. Petani Melaon NIdramayu malah kami baru dengar darimu. Mereka malah sudah mulai ekspor ke Singapura?

Mitra HPSP selama ini adalah teman-teman di Pekalongan (Asosiasi Tani Manunggal). Kalau dengan Pekalongan, kami bisa berbagi infonya juga.

Bagaimana kabar rencana kemitraan cabe ke ABC itu? Salam hangat untuk teman-teman Magelang juga.

4. azmi - 19 June 2011

petani indonesia harus di dukung pemerintah terutama menjaga pasr agar tidak masuk nya pasar impor akibat nya petani di rugikan

5. Yani Baehaki - 9 June 2011

Beritanya Bagus sekali mengenai Ekspor Buah Melon k Singapura……

hortipartM. Hariyadi Setiawan - 13 June 2011

terimakasih sdr. Yani Baehaki.
Kalau anda memiliki kisah kisah menarik mengenai usaha hortikultura (sayur, buah, tanaman hisa/bunga, tanaman obat/bio farmaka), silakan kirim kepada kami untuk bisa kami muat juga di blog ini.

salam hangat,

Hariyadi

bayu hermawan - 22 April 2016

mas hariyadi diwilayah saya khususnya banyuwangi mayoritas petani melon dan semangka….apabila ada program ekspor ke singapura tolong bagi info…tlg hbg 082140754756 mas bayu

6. Yani Baehaki - 9 June 2011

Beritanya bagus sekali……Agribisnis Buah Melon…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: