jump to navigation

Paguyuban Petani Merbabu Belajar Bersama HPSP 24 January 2011

Posted by hortipart in kemitraan, usaha sayuran.
Tags: , , ,
trackback

Paguyuban Petani Merbabu (PPM) mendapat dukungan dari HPSP fase 1 untuk meningkatkan kualitas 8 komoditas sayur dataran tinggi melalui penerapan input teknologi budidaya rumah plastik. Dukungan diberikan selama 1 tahun dari November 2006 sampai dengan November 2007. Berikut ini adalah tulisan yang dikirim oleh PPM mengenai pencapaian dan tantangan yang dialami selama mendapatkan dukungan dari HPSP.

HPSP telah menghantarkan PPM dan Petani kepada semangat:

Inovasi
Rumah Plastik adalah salah satu inovasi petani dalam mengelola sumber dayanya. Melalui dukungan pembiayaan demplot dan kemitraan dengan pihak akademisi, HPSP telah menjadi titik awal bagi inovasi petani lainnya. Misalnya, Bp. Suleg Diono (kader HPSP) telah menyempurnakan teknologi rumah plastik dari sisi sistem pengairan, proteksi hama, perawatan teknis dan sistem budidaya. Sayangnya, penyebarluasan inovasi beliau belum bisa difasilitasi oleh PPM secara maksimal setelah proyek HPSP berakhir. Setelah menimbang kondisi keuangan, PPM terpaksa menghentikan sementara Pertemuan Mingguan Kader Pertanian dan fasilitasi Konsultan Pertanian. Sifat keanggotaan, membuat kebijakan alokasi sumber daya PPM lebih memprioritaskan pada yang yang aman dan berdampak langsung pada anggota.

Kemitraan
Keberpihakan HPSP kepada organisasi petani, telah memungkinkan PPM untuk bermitra secara sejajar dengan pihak akademisi dan swasta. Selama proyek berjalan, PPM adalah pemegang keputusan—bukan sasaran kegiatan. Ketika proyek berakhir, keadaan cenderung kembali ke posisi semula. Misalnya, PPM kesulitan meneruskan kemitraan dengan BPTP Yogya untuk uji lab tanah dan konsultasi karena kondisi keuangan yang
penuh keterbatasan. Bahkan, dalam hal hubungan kemitraan dengan swasta, posisi PPM cenderung melemah. Teknologi rumah plastik telah membuktikan bahwa biaya produksi dapat ditekan dan produktivitas tanaman bisa ditingkatkan. Mengetahui hal ini, pedagang akan cenderung menawar harga lebih rendah saat musim panen raya. Tidak banyak swasta yang memahami bahwa teknologi rumah plastik telah diperkenalkan oleh PPM, tidak saja untuk meningkatkan harkat petani secara individual, tetapi juga untuk mencari nilai tambah demi menghidupi petani secara kelompok (seperti kelompok tani atau PPM).

Kemandirian Organisasi
Dengan ketentuan kontribusi sendiri minimal 25% dari total biaya proyek, HPSP telah mengkondisikan PPM untuk mengenali sumber daya internalnya. Terlebih lagi, dukungannya pada kegiatan pertanian dan pemasaran mempunyai dampak langsung pada pendapatan petani. Setelah proyek HPSP berakhir, aset PPM bertambah sehingga layanan kepada anggota jadi lebih baik— berupa pinjaman alat dan modal pembangunan rumah plastik. Sayangnya, target capaian di sisi pemasaran masih jauh dari yang diharapkan. Karena terus merugi, kegiatan pemasaran belum dapat dilimpahkan menjadi unit usaha Pemasaran Bersama (Joint Marketing) KSU GATARI. Padahal, laba dari pemasaran bersama ini diharapkan kelak bisa menopang layanan non-profit PPM kepada anggota; mengurangi ketergantungan PPM kepada pihak donor.

Rekomendasi
Dukungan kepada pengembangan kegiatan pemasaran dan pertanian, sedapatnya terus diberikan kepada organisasi petani secara langsung. Ini utamanya dalam rangka mewujudkan kemandirian organisasi petani; sehingga petani bisa bermitra dengan sejajar dan terus mengembangkan inovasinya. Kemandirian organisasi petani lokal (PPM) adalah isu penting; supaya organisasi bisa responsif mengatasi masalah lokal kemasyarakatan seperti Konservasi Hutan Gn. Merbabu, beasiswa pendidikan anak petani, perawatan sistem irigasi, konservasi budaya dan kesenian Merbabu, Pemberdayaan Perempuan, dsb—investasi sosial & budaya jangka panjang, lintas jaman.

Comments»

1. beasiswa pascasarjana - 12 June 2015

At this time it appears like Movable Type is the top blogging platform available right now.
(from what I’ve read) Is that what you’re using on your blog?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: