jump to navigation

Temu Bisnis Mitra HPSP Bandung 11 – 13 Mei 2012 20 July 2012

Posted by hortipart in kemitraan.
trackback

Temu Bisnis Mitra HPSP

Horticultural Partnership Support Program (HPSP-INA) dengan dukungan dari Kedutaan Besar Kerajaan Belanda (Embassy of the Netherlands), lembaga Rabobank Foundation dan Cordaid saat ini tengah memberikan program dukungan bagi petani / kelompok tani melalui platform kemitraan dengan lembaga usaha (pasar / buyer) dan membangun nilai rantainya. HPSP memberikan support dan fasilitasi berdasarkan kebutuhan dalam rantai nilai terhadap respons tuntutan pasar. Untuk mengetahui hal ini lebih lanjut, diadakanlah perteditujukan untuk mempelajari dan menambah pengetahuan bagi INA, mitra proyek, praktisi dan stakeholder dunia bisnis hortikultura.

Pertemuan bisnis dan lokakarya yang diadakan di Bandung, pada 11-13 Mei 2012 dan dihadiri oleh sekitar 12 kemitraan HPSP dengan jumlah peserta 31 orang. Ini adalah kali kedua setelah yang pertama diadakan di Jawa Timur terakhir pertengahan Januari 2012. Tujuan umum dari pertemuan bisnis dan lokakarya adalah untuk mengetahui satu sama lain tentang bisnis dari mitra HPSP mulai dari produk, proses bisnis, dan diharapkan membuka peluang untuk aliansi bisnis. Adapun tujuan khusus adalah untuk menambah wawasan tambahan mengenai tren bisnis dan dinamika pasar pertanian modern.

Presentasi ibu Karen S Tambayong

Hari pertama pertemuan bisnis dan workshop adalah untuk membahas tentang tren pengembangan usaha hortikultura dengan tamu pembicara Ibu Karen Tambayong. Dia adalah seorang pengusaha di sektor bunga, anggota Dewan Hortikultura Nasional dan juga anggota Kamar Dagang Indonesia. Dalam sesi ini, pembicara menjelaskan tentang pentingnya inovasi dalam bisnis dan harus responsif dalam menangkap peluang yang terjadi saat ini. Perubahan gaya hidup membuat perubahan pola makan juga, sekarang orang ingin untuk diet sehat dengan kualitas baik. Ini adalah kesempatan yang harus diambil untuk mengembangkan usaha, tanpa melupakan pentingnya menjaga kualitas dan ketersediaan produk terus menerus. Selain itu, untuk menguasai teknologi, pemasaran proses dan mencari informasi yang berkaitan dengan pengembangan usaha juga penting.

Presentasi Teknis pak Yos

Sesi kedua pada hari pertama dari pertemuan bisnis dan workshop diikuti oleh paparan dari Yogya Department Store tentang produk hortikultura, diwakili oleh Ibu Yustina Wiwin dan Pak Sarip. Para pembicara menyebutkan bahwa pada saat ini, supermarket diperlukan untuk memberikan tidak hanya produk murah, tetapi juga untuk menyediakan produk berkualitas tinggi. Perhatian konsumen dari produk yang sudah di tahap ini, harga kualitas penampilan, dan. Oleh karena itu diperlukan kelangsungan penyediaan produk berkualitas.

Pada sesi ketiga, pembicara utama adalah Mr Yos Sutiyoso yang di sektor bisnis bunga, dosen di beberapa universitas, dan konsultan untuk pengembangan usaha di bidang pertanian. Pada kesempatan ini, ia menyatakan pentingnya kualitas produk, ketersediaan produk, dan selalu memperbarui pengetahuan teknologi meningkat produktivitas dalam bisnis pertanian.

Hari kedua pertemuan bisnis dan lokakarya diisi dengan deskripsi dari manajemen pengetahuan dengan HCC (Horti Chain Centre). Manajemen pengetahuan bertujuan untuk mengumpulkan pengetahuan dan pengalaman dari mitra HPSP dalam bentuk dokumen yang dapat diakses melalui internet oleh kemitraan seluruh HPSP dan juga publik. Agenda lain hari kedua adalah kunjungan ke lapangan mitra HPSP, mereka Hikmah Farm di Pertanian Pertanian Pangalengan dan Lyco di Ciwidey. Pada kunjungan ini, mereka berbagi bagaimana melakukan bisnis, mulai dari proses produksi sampai proses pemasaran.

Kunjungan ke Lokasi

Hari terakhir dari pertemuan bisnis dan workshop hadir presentasi dari Bapak Hariyadi, HPSP. Pada saat ini, Mr Hariyadi menjelaskan tentang bagaimana membangun model bisnis dan pentingnya menempatkan diri sebagai konsumen dalam menentukan model bisnis.

Dari pertemuan bisnis tiga hari dan lokakarya, peserta mendapatkan banyak pelajaran untuk mengembangkan usaha mereka ke depan, dan di antara mereka mulai kerjasama bisnis didirikan.

Pada pertemuan bisnis berikutnya dan workshop, diharapkan akan ada ide lain

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: