jump to navigation

HPSP Phase 3 : KTO Brenjonk 1 August 2012

Posted by hortipart in agribisnis, kemitraan, usaha buah, usaha sayuran.
trackback

Pengembangan Kampung Organik Melalui Penguatan Kemitraan Pasar Organik

Sebagai salah satu dari program kemitraan HPSP phase 3, bersama KTO (Kelompok Tani Organik) Brenjonk memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Memperkuat basis ekonomi melalui sector agricultur khususnya bagi petani yang standar hidupnya kurang mampu (penghasilan dibawah 1 US$ per hari
  2. Mewujudkan perdagangan yang adil dan berpihak kepada kelompok masyarakat kecil.
  3. Mewujudkan kelestarian bumi dan kesejahteraan antar generasi.
  4. Memperkuat kapasitas organisasi dalam mengelola usaha-usaha sosial berbasis komunitas.

dengan rincian lokasi di desa Padusan, Pacet Selatan dan Claket (kecamatan Pacet), Kembloto, Jaten, Jaraan dan  Sendang (Trawas) di kab Mojokerto propinsi Jawa Timur.

Pamflet Home Industry Rumah Sayur Organik

Pamflet Home Industry Rumah Sayur Organik

Adapun garis besar kegiatan yang dilaksanakan dalam program kemitraan ini adalah

1. Persiapan

  • Sosialisasi proyek, rekruitment Tim Pelaksana Program (TPP), rekruitment tenaga paruh waktu, volunteer dan konsultan, pengadaan alat-alat kerja proyek, persiapan perangkat administrasi program dan keuangan

2. Perbaikan kualitas produksi

  • Penambahan sarana produktifitas budidaya  sayur organik non open field
Kunjungan ke Lapangan Petani Anggota KTO Brenjonk - Tata cara Pengomposan Pupuk Organik

Kunjungan ke Lapangan Petani Anggota KTO Brenjonk – Tata cara Pengomposan Pupuk Organik

  • Training dan penerapan Internal Control System (ICS)
  • Training  Pengendalian Hama Terpadu (PHT)
  • Rekruitment parttimer sepecialist  pengendalian hama tanaman sayur
  • Sertifikasi organik, Uji analisa kimia dan Pendampingan anggota petani
Sertifikasi KTO Brenjonk oleh PAMOR

Sertifikasi KTO Brenjonk oleh PAMOR

3. Penambahan nilai pasca panen

  • Perbaikan/reparasi sarana distribusi produk
  • Training tehnik pengelolaan pasca panen
Persiapan Penengemasan Produk Organik

Persiapan Penengemasan Produk Organik

  • Study banding ke perusahaan horti yang sesuai (alternatif: Lyco Farm, Greefields, Saung Mirwan, Masada, Herbal estate Mlg, Kaliandra Mlg, Unibraw Mlg)

4. Promosi

  • Develop sarana Informasi Teknologi
Website Resmi KTO Brenjonk sebagai sarana promosi dan informasi

Website Resmi KTO Brenjonk sebagai sarana promosi dan informasi

  • Coaching business development (business plan, marketing, brand image, promotion)
Pamflet Promosi Usaha Kebun Organik Brenjonk

Pamflet Promosi Usaha Kebun Organik Brenjonk

Buku Catatan Analisa Usaha Tani Anggota

Buku Catatan Analisa Usaha Tani Anggota

  • Rekruitment tenaga part timer specialist promosi
  • Memprospek klien baru
  • Promosi produk

5. Pemasaran

  • Penambahan modal untuk pembelian produk

6. Peningkatan kpasitas SDM pelaksana kegiatan

  • Workshop manajemen program dan pengelolaan keuangan organisasi
  • Kompilasi pengelolaan keuangan organisasi standar SAK-45 oleh konsultan keuangan
  • Magang untuk pendamping anggota petani

7. Pelaporan

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: