jump to navigation

Phase 3 : Asosiasi Tani Melon Pekalongan 21 September 2012

Posted by hortipart in kemitraan.
trackback

Sekelumit Tentang Buah Melon

Melon (Cucumis melo L.) merupakan nama buah sekaligus tanaman yang menghasilkannya, yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Bagian yang dimakan adalah daging buah (mesokarp). Teksturnya lunak, berwarna putih sampai merah, tergantung kultivarnya.

Tumbuhan semusim, merambat tetapi menjalar, tidak memanjat. Daun berbentuk menjari dengan lekuk moderat sehingga seperti lingkaran bersudut. Batangnya biasanya tidak berkayu.

Contoh Buah Melon

Tumbuhan ini berumah satu dengan bunga dua tipe: bunga jantan dan hermafrodit. Bunga jantan muncul biasanya pada saat tanaman masih muda atau bila tumbuhnya kurang baik.

Buah bertipe pepo. Bagian mesokarp menebal menjadi daging buah yang berair. pemuliaan diarahkan pada daging buah yang tebal, manis, serta jika mungkin, harum.

Melon amat beragam, terutama dilihat dari bentuk buahnya. Terdapat dua subspesies dan sepuluh [1] kelompok kultivar (‘cultivar group’) dalam spesies ini:

Subspesies melo

– Muskmelon (Reticulatus)

– Cantaloupe (Cantalupensis)

– Casaba (Inodorus)

– Pocketmelon (Dudaim)

– Snakemelon (Flexuosus)

– Chate (Adzhur)

– Tibish

Subspesies agrestis

– Snapmelon (Momordica, Adiculus)

– Oriental pickling (Conomon)

– Makuwa

Tiga yang paling populer adalah Cantalupensis (di dalamnya termasuk blewah, true European cantaloupe), Reticulatus (melon yang biasa dikenal, kulit buahnya biasanya “berjala”), dan Inodorus (melon ‘Honeydew’, yang bentuknya oval dengan kulit berkerut). Terdapat satu kelompok lain yang buahnya juga dimakan, Dudaim.

Kemitraan dengan HPSP Phase 3 : Peningkatan Sumberdaya Petani Melalui Pola Manajemen Kelembagaan dan Kemitraan untuk Kesejahteraan Petani di Kabupaten Pekalongan

A. Latar Belakang

Proyek ini dimaksudkan untuk memberikan dukungan bagi pengembangan dan keberlanjutan kelembagaan petani melon di Kabupaten Pekalongan.

Kegiatan utama yang menjadi perhatian proyek ini adalah meningkatkan kapasitas petani dalam menejemen kelembagaan, budidaya melon beserta inovasi teknisnya, memberikan dukungan fasilitas pelatihan, workshop, study-praktek banding, pengembangan kemitraan dan perluasan jaringan pasar.

Skema Rantai Pasok Buah Melon Asosiasi Tani Melon dari Hulu Ke Hilir

Skema Rantai Pasok Buah Melon Asosiasi Tani Melon dari Hulu Ke Hilir

B. Tujuan

Secara umum proyek ini bertujuan mewujudkan peningkatan sumberdaya, pendapatan dan kesejahteraan petani melon kabupaten Pekalongan

Adapun secara khusus tujuan dari proyek ini adalah:

1) Membangun dan memperkuat kelompok-kelompok petani melon sehingga mampu melakukan budidaya secara baik dan berkenjutan, mendapatkan manfaat ekonomi dan sosial secara maksimal, memiliki posisi tawar yang kuat dan mampu bernegosiasi dengan berbagai stakeholder lainnya.

2) Membangun landasan bagi pengembangan hubungan kemitraan antara petani – swasta dan berbagai pihak lainnya yang terkait dalam usaha hortikultura dan agribisnis, dari tingkat desa sampai ke tingkat kabupaten.

3) Menyediakan dukungan sumberdaya bagi inovasi teknis budidaya melon yang diinisiasi oleh petani dalam rangka peningkatan kualitas dan kuantitas hasil serta peningkatan daya saing produk.

4) Membangun wawasan dan menyediakan sumberdaya informasi bagi pengembangan pengetahuan dan kecakapan petani, untuk memungkinkan proses-proses inovasi budidaya dan pendekatan pengelolaan, pengembangan pasar dan pengembangan kemitraan dapat terus berjalan.

5) Mendorong munculnya kebijakan-kebijakan daerah, provinsi maupun pusat yang mendukung bagi keberlanjutan pengembangan budidaya melon dan hortikultura pada masa-masa mendatang.

Skema Rantai Pasok Saprotan Buah Melon

Skema Rantai Pasok Saprotan Buah Melon

C. Kegiatan

Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan:

1.1. Pendampingan kelompok tani bagi penguatan kelembagaan

Bentuk Kegiatan:

1.1.1. Penyediaan 5 orang tenaga pendamping bagi 8 kelompok tani melon di lokasi sasaran proyek, yang akan bertugas sebagai Fasilitator dalam rangka peningkatan kapasitas kelembagaan, mediasi dengan stakeholder lain, dan penguatan posisi tawar petani.

1) Bersama-sama dengan kelompok tani melakukan pengkajian secara partisipatif tentang potensi pengembangan hortikultura, peluang dan kendalanya pada level local/tingkat desa.

2) Melakukan pemetaan stakeholder mata-rantai usaha hortikultura yang identifikasi orang-orang atau lembaga (swasta) dan mitra kerja yang bergerak dalam jaringan perdagangan hortikultura pada tingkat local.

3) Melakukan kegiatan focus group diskusi berkala sebagai upaya memperkuat kapasitas kelompok petani dalam menemukan berbagai permasalahan dalam budidaya melon dan mencari alternatif-alternatif solusi secara partisipatif.

4) Memfasilitasi penyelenggaraan pertemuan kelompok secara regular untuk mendorong berjalannya proses-proses belajar antara petani dalam kelompok secara berkesinambungan.

5) Melakukan pendampingan administrasi kelompok tani.

Buah Melon di Pasar Tradisionil

Buah Melon di Pasar Tradisionil

Peran mitra :

Dalam kegiatan ini keterlibatan lembaga mitra dari Karang Taruna Putra Gesing akan mengambil peran dalam penyediaan tenaga fasilitator/pendamping kelompok tani (fasilitator) yang akan mengawal proses-proses penguatan menejerial kelompok tani, posisi tawar, dan proses-proses belajar bersama dalam rangka meningkatkan kemampuan negosiasi dengan berbagai pihak.

1.2. Peningkatan kapasitas pengetahuan dan kecakapan petani

Bentuk Kegiatan:

1.2.2. Pelatihan tenik pengelolaan budidaya melon

Penyelenggaraan pelatihan untuk petani tentang teknologi budidaya melon mulai dari pengolahan tanah, pembibitan, penggunaan pupuk dan obat-obatan pencegah hama penyakit yang ramah lingkungan (organic) serta teknik-teknik pemanenan.

1.2.3. Pelatihan pengembangan produk dan strategi pemasaran

Penyelenggaraan pelatihan bagi petani/kelompok tani melon tentang berbagai pendekatan strategi pemasaran dan pengembangan jaringan pasar.

Peran mitra :

Dalam kegiatan pelatihan untuk petani, peran lembaga mitra dari UNIKAL, Karang Taruna Putra Gesing akan dilibatkan dalam penyusunan design pelatihan, penyiapan modul serta menyediakan tenaga fasilitator dan narasumber. Selain itu, akan direkrut pula tenaga fasilitator dan narasumber yang berasal dari luar mitra baik dari kalangan perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, maupun pelaku agribisnis yang dikontrak selama pelatihan berlangsung.

1.2.4. Magang

Mengirimkan petani dari kelompok sasaran proyek untuk magang kerja dalam budidaya melon dan hortikultura di Pusat Kajian Buah Tropika (PKBT) IPB bogor selama 3 bulan, untuk menambah kecakapan dan ketrampilan teknis budidaya

Peran mitra :

PKBT akan berperan sebagai mitra penyelenggaraan kegiatan magang. Dalam hal ini, PKBT akan menjadi tempat kegiatan magang, menyediakan lokasi magang serta memberikan pendampingan teknis kepada peserta magang selama kegiatan berlangsung.

(1) Capaian Hasil 3. Meningkatnya jaringan kerjasama antar petani dengan mitra-mitranya baik dari kalangan swasta maupun pemerintah

Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan:

2.1. Workshop/lokakarya untuk memfasilitasi forum kemitraan petani hortikultura tingkat kabupaten

Bentuk Kegiatan

Penyelenggaraan workshop/lokakarya yang diikuti oleh perwakilan petani melon, koperasi tani, asosiasi, swasta (pedagang buah, pengusaha agribisnis), dinas pertanian, lembaga keuangan/perbankan, perguruan tinggi guna membangun kepedulian bersama dalam pengupayaan pengembangan hortikultura sebagai produk unggulan di kabupaten Pekalongan. Hasil dari lokakarya ini diharapkan akan muncul inisiatip untuk membentuk forum kemitraan pengembangan budidaya melon / hortikultura di level kabupaten.

2.2. Pertemuan- pertemuan berkala antar pihak (kelompok tani, koperasi tani, asosiasi dan mitra-mitranya baik dari kalangan swasta maupun pemerintah)

Bentuk Kegiatan

Penyelenggaraan pertmuan regular bagi keanggotaan forum kemitraan yang dibentuk dari hasil lokakarya, guna memperkuat hubungan kerjasama antar anggota forum, media komunikasi dan tukar pengalaman, serta membangun wacana tentang upaya-upaya pengembangan melon di kabupaten Pekalongan yang dapat direkomendasikan sebagai masukan kebijakan pembangunan pertanian di kabupaten Pekalongan.

Peran Mitra :

Dalam kegiatan ini pran lembaga mitra dari UNIKAL, dan Karang Taruna Putra Gesing akan dilibatkan sebagai tenaga fasilitator.

(2) Capaian Hasil 4. Terbangunnya kesepakatan kerjasama diantara kelompok tani, koperasi tani, asosiasi dengan pihak-pihak swasta dan pemerintah baik dalam hal peningkatan kapasitas SDM, permodalan, dan pengembangan pasar.

Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan:

3.1. Dialog public/multipihak, sebagai sarana negosiasi antar pihak

3.2. Kontak bisnis/temu usaha

Peran Mitra :

Dalam kegiatan ini peran lembaga mitra dari Dinas Pertanian, Kantor Ketahanan Pangan, UNIKAL dan Karang Taruna Putra Gesing akan dilibatkan dalam peran-peran sebagai fasilitator dan mediator, serta dalam proses-proses pengawalan hasil kesepakatan.

(3) Capaian Hasil 5. Tersedianya system informasi bagi pengembangan kemitraan dan jaringan pasar hortikultura, khususnya melon di kabupaten Pekalongan.

Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan:

4.1. Penerbitan leaflet dan talkshow radio sebagai media informasi program dan kemitraan

4.2. Penerbitan media komunikasi berupa, bulletin petani melon yang berisi hasil-hasil pengalaman dan pembelajaran budidaya tanaman, membangun kemitraan, pengembangan pasar dll.

4.3. Pameran untuk promosi produk.

4.4. Pembuatan documenter video partisipatif tentang komunitas tani melon dan serta produknya, untuk kepentingan data base informasi dan promosi produk.

Sumber

  1. HPSP
  2. Wikipedia

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: