jump to navigation

HPSP Fase 1

Program HPSP 1 berlangsung dari bulan Januari 2005 hingga Desember 2007 dengan dukungan dari Kedutaan Besar Belanda, Agriterra, dan Cordaid. Selama 3 tahun implementasi, jumlah petani yang terlibat dalam kemitraan sebanyak 1943 orang, tergabung dalam 99 organisasi petani. Di samping itu, HPSP 1 juga merangkul 24 perusahaan dan 39 institusi/lembaga pendukung. Seluruh komponen di atas tergabung dalam 15 kemitraan yang terbentuk selama program HPSP 1 berlangsung.

Dalam programnya, HSPS 1 mendorong percepatan pengembangan petani kecil dengan meningkatkan penghasilan mereka baik sebagai pengusaha, pegawai, ataupun pemain dalam usaha hortikultura. Pendekatan HPSP 1 berfokus pada perubahan struktur dan karakteristik kemitraan dengan tujuan meningkatkan partisipasi petani kecil. Bersamaan dengan itu, HPSP 1 membantu petani meningkatkan kualitas produk-produk mereka sehingga mereka mendapat tambahan keuntungan dan jaminan keberlangsungan usaha.

Meningkatnya akses ke pasar dan ke institusi pemberi dukungan sangat memudahkan para petani dalam mengembangkan usahanya. Selain itu, berbagai pilihan alternatif pasar yang baru mempermudah pengelolaan risiko dan meningkatkan posisi tawar mereka. Dalam mengembangkan dan menjaga kualitas produksi dan keberlangsungan usaha, petani juga terbantu dengan terbentuknya kerjasama yang baik dengan berbagai institusi pemberi dukungan seperti badan penelitian dan pengembangan, universitas, dan konsultan pengembangan usaha. HPSP 1 secara aktif mendukung terbentuknya kemitraan dan kerjasama semacam ini agar berbagai pengetahuan yang bermanfaat dapat juga menjangkau para petani kecil.

Beberapa tantangan yang dihadapi dalam penerapan HPSP 1 adalah:

Hampir seluruh kemitraan (12 dari 15) yang didukung oleh HPSP menunjukkan peningkatan hasil produksi baik dari sisi kualitas, kuantitas, maupun ketepatan waktu pengiriman. Hasil ini dicapai melalui penerapan manajemen dan teknologi terpilih yang inovatif dan tepat guna, serta asistensi dari pihak-pihak yang berkompeten. Sesuai dengan kebutuhan, beragam pendekatan dan teknologi diterapkan seperti:

Program HPSP 1 yang berakhir pada Desember 2007 dan kemudian dilanjutkan oleh HPSP 2. Keberhasilan, tantangan, dan pembelajaran yang diperoleh dari HPSP 1 kemudian digabungkan dengan ide-ide dan inovasi-inovasi baru untuk kemudian diterapkan pada kemitraan-kemitraan lain.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: