jump to navigation

HPSP Fase 3

Apakah Horticultural Partnership Support Program (HPSP) itu?
HPSP adalah salah satu program dari Indonesian-Benelux Chamber of Commerce (INA), organisasi kamar dagang nirlaba di Jakarta yang memberikan layanan bagi pelaku usaha Indonesia, Belanda, Belgia dan Luxembourg. HPSP mulai beroperasi sejak bulan Januari 2005 yang semula didukung oleh 3 organisasi kerjasama pembangunan Belanda yaitu: Direktorat Kerjasama Internasional Kementrian Luar Negeri Belanda melalui Kedutaan Besar Belanda di Jakarta, Cordaid, dan Agriterra. Pada fase kedua yang dimulai Januari 2007, Rabobank Foundation juga bergabung sebagai pendukung melengkapi tiga donor yang telah ada. Sedangkan pada fase ketiga (saat ini), Agriterra tidak lagi memberikan dukungan dalam bentuk bantuan material, namun tetap menjadi mitra dalam berbagi pengetahuan.

Apa tujuan HPSP?
HPSP bertujuan untuk mengembangkan kemitraan antara petani-produsen kecil dan sektor swasta (pembeli/pemasar/retail) di bidang usaha hortikultura di Indonesia. Program ini mendukung kegiatan-kegiatan inovatif untuk petani yang difokuskan pada penguatan institusi, peningkatan pengetahuan dan ketrampilan melalui pengembangan kapasitas di area rantai nilai (value chain). Hal tersebut antara lain pada aspek input, produksi, panen dan pasca panen, pengolahan, dan pemasaran produk kemitraan sesuai dengan persyaratan yang diminta oleh mitra pembeli/pemasar. Kemitraan ini dibangun atas dasar kesepakatan yang adil untuk kemanfaatan semua pihak yang terlibat, terutama bagi petani kecil.

Kemitraan usaha hortikultura apa saja yang disasar HPSP?
Saat ini HPSP berfokus pada kemitraan usaha sayur dan buah, dengan tidak membatasi jenis dan bentuk usaha tersebut, sejauh di dalamnya melibatkan peran aktif produsen utama/petani.

Siapa yang berhak mengajukan permintaan dukungan dari HPSP?
Prioritas diberikan kepada produsen utama/petani, terutama yang berbentuk organisasi, atau bagi perusahaan-perusahaan mitra petani.

Apa bentuk dukungan HPSP?
HPSP memberikan dukungan untuk mendanai pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan untuk memperbaiki kualitas kemitraan guna meningkatkan penjualan produk petani. Pada fase ketiga saat ini, pemberian dukungan dititikberatkan pada kegiatan pengembangan usaha (upscale) dan replikasi model usaha yang telah berjalan dengan baik.

Apa manfaat yang bisa diberikan oleh HPSP?
Apabila kemitraan anda memenuhi syarat untuk mendapatkan dukungan dari HPSP fase 3, kemitraan anda akan mendapatkan manfaat sebagai berikut:

Apakah HPSP masih membuka kesempatan pengajuan dukungan? Apa saja kriterianya?
HPSP fase 3 masih membuka kesempatan untuk kemitraan yang ingin mendapatkan dukungan, terutama yang berada di wilayah di luar Pulau Jawa. Kemitraan yang ingin mendapatkan dukungan haruslah:

Bagaimana proses seleksi HPSP 3?
Untuk mendapatkan dukungan dari HPSP, ada 3 tahapan proses seleksi yang harus diiukuti:

  1. Seleksi atas dasar informasi yang disediakan dalam formulir Pernyataan Minat (EoI), dan jika lolos,
  2. Seleksi atas kelengkapan isi dan informasi formulir Aplikasi Proyek (PA) yang harus terkirim selambatnya 1 (satu) bulan setelah pemberitahuan dari HPSP, dan jika lolos,
  3. Wawancara langsung dengan Komite Pengarah (Steering Committee) dan Sekretariat HPSP

Dalam tiap tahap seleksi, hanya pengusul yang lolos saja yang akan dihubungi oleh Sekretariat untuk menjalani proses seleksi selanjutnya. Penilaian secara umum didasarkan pada:

  1. Bentuk dan kualitas kemitraan
  2. Inovasi kegiatan yang bermuatan aplikasi pengetahuan, teknologi, dan ketrampilan praktis
  3. Kelayakan kandidat organisasi penerima bantuan
  4. Dampak ekonomi, sosial, dan lingkungan, terutama bagi produsen utama/petani

Bagaimana cara pengajuannya?
Formulir seleksi awal (Pernyataan Minat/EoI) dapat didownload di link berikut ini HPSP-10-EoIForm-Ind. Hubungi sekretariat HPSP jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut mengenai pengisian formulir seleksi awal.

Bagaimana dengan faktor kerahasiaan informasi?
Semua informasi kemitraan yang diterima oleh sekretariat HPSP selama proses seleksi akan dijaga kerahasiaannya. Informasi yang dipublikasikan bagi kemitraan terpilih akan diatur dalam kesepakatan dengan sekretariat HPSP. Pihak-pihak yang diberikan kesempatan untuk mengkaji profil dan atau rencana kemitraan akan diwajibkan untuk menjaga kerahasiaan dan tidak menyebarkan informasi yang diterima.

Apakah HPSP memberikan bantuan permodalan?
Pada fase 3, HPSP tidak lagi memberikan bantuan dalam bentuk permodalan (working capital). Permodalan akan diperoleh dalam bentuk pinjaman (loan), sedangkan hibah (grant) diberikan untuk kegiatan-kegiatan pengembangan kapasitas (capacity building).

Bisakah melakukan kerjasama dengan HPSP?
Ya. HPSP bekerja berdasarkan prinsip kemitraan publik dan swasta. Untuk itu HPSP selalu menyambut baik kesempatan bermitra dengan organisasi lain yang memiliki misi serupa. Organisasi lain di luar sasaran utama HPSP dapat juga menjadi mitra dari penerima manfaat HPSP atas kesepakatan dan untuk memenuhi kebutuhan dari penerima manfaat HPSP tersebut (produsen/petani dan mitra swastanya).

Apa manfaat pihak swasta bekerjasama dengan HPSP?
Selama 5 tahun ini HPSP telah memiliki rekam jejak yang baik dalam membantu kemitraan usaha di bidang hortikultura untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas akses pasar produk mereka. Kualitas dan kapasitas ini memberikan kontribusi dalam perbaikan ekonomi, sosial, dan lingkungan kemitraan. HPSP dapat disinergikan dengan pengembangan rantai pasokan hortikultura anda atau program Tanggung Jawab Sosial (CSR) atau Kedermawanan Sosial dari pihak swasta lain, baik nasional ataupun multi nasional.

Apa manfaat NGO/Non-Profit, Pemerintah, dan Organisasi lain bekerjasama dengan HPSP?
Dukungan HPSP menjadi alternatif pengembangan kemitraan usaha bagi kelompok-kelompok yang dibina oleh organisasi-organisasi tersebut.

Sekretariat HPSP:
Indonesian – Netherland Association
Menara Jamsostek Tower A Lt. 20, Ruang 2002
Jl. Jendral Gatot Subroto kav. 38 Jakarta 12710
PO. Box 4385, Jakarta 12043
Tel: +62-21-5290 2177
Fax: +62-21-5290 2178
E-mail: hpsp@ina.or.id
Website: www.hortipart.wordpress.com

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Muhammad Hariyadi Setiawan – Program Manager, HPSP

Comments»

1. H Budiman, SE - 7 April 2013

Apakah masih ada kesempatan untuk membantu kami para petani Hortikultura kecil (warga transmigrasi) di Kalimantan Tengah Kab Murung Raya?

2. Muhammad - 18 May 2012

saya petani paprika dari pujon kab malang [ngin mengembangkan produk ini didesa kami apkah program HPSP bisa membantu ? Terimakasih

Hariyadi Setiawan - 31 July 2012

Terimakasih pak Muhammad atas kunjungan ke blog kami.
Saat ini kami sudah tidak menerima lagi usulan untuk kemitraan dari Pulau Jawa.
Hanya seandainya ada hal-hal yang hendak dikonsultasikan berkait dengan pengembangan produk Paprika, silakan berkirim email kepada kami melalui hpsp@ina.or.id.
Untuk informasi, kami juga memiliki mitra yang mengembangkan Paprika di daerah Nongkojajar Pasuruan, yang juga bisa menjadi rekan berbagi anda.

salam!

HPSP Manager


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: